JALAN JALAN KE SINGAPURA 2012

Jadwal liburan tahunan selalu menjadi saat yang dinanti-nantikan, kali ini saya berkunjung ke Singapura , walaupun ini sudah merupakan yang kesekian kalinya ke sana tapi saya tetap saja ngak bosan, soalnya saya suka dengan kulinernya yang variatif...
Saya berlibur dengan keluarga, berangkat dari Taiwan dengan kakak dan adik, kemudian papa dan mama saya berangkat dari Jakarta, kami akan bertemu langsung di Singapura.
Karena keberangkatan kami ke Singapura bertepatan dengan hari raya imlek, sehingga tiket pesawat menjadi lebih mahal, dan akhirnya kami memilih untuk naik budget airline JET STAR, walaupun demikian harganya tetap saja mahal karena merupakan high season, tiketnya sekitar 12.000 NT.

HARI PERTAMA (Rabu, 25 Januari 2012)
Pesawatnya berangkat tengah malam dan tiba di Changi International Airport sekitar pk 5 pagi.
Setibanya di sana sambil menunggu papa & mama yang akan tiba pk 9.30, maka kami mencari sarapan pagi terlebih dahulu. Kami makan di Ya Kun Kaya Toast yang terkenal di Singapura, saya memesan set menu dan share dengan adik (8,5 SGD)
 Dan kakak saya memesan mie siam, harganya saya lupa...
Untuk menghabiskan waktu kami berkeliling airport dari terminal 1 sampai 3, karena airport-nya besar.
Setelah bertemu dengan orang tua kami, maka kami bersama-sama naik MRT menuju hotel.
Kami menginap di hotel V Hotel Lavender, lokasinya sangat strategis karena di depannya bertepatan dengan stasiun MRT, caranya mudah dari Changi airport dan transfer di Tanah merah station kemudian lanjut sampai Lavender station.
Dan di depan hotel ada food court Kopitiam, yang menjual berbagai macam makanan khas singapura
Dan juga ada kios-kios yang menjual makanan

Di sana juga ada stand yang menjual camilan gorengan " Old Chang Kee" yang terkenal di Singapura , saya sangat menyukainya.

Untungnya kami diperbolehkan check in lebih awal, sehingga setelah check ini kami masih sempat untuk mandi dulu sebelum mulai jalan ke luar, karena sudah semalaman kami tidur di pesawat dan apalagi di Singapura udaranya panas dan lembab membuat kulit terasa lengket.
Ini kamar kami, untuk 3 orang (harganya sekitar 5000 NTD), termasuk mahal karena kamarnya kecil dan tidak termasuk brakfast, tapi di Singapura hotel-hotelnya memang termasuk lebih mahal, tapi hotelnya nyaman dan bersih.

Setelah beristirahat sebentar, kamipun berangkat untuk makan siang, sebenarnya termasuk makan sore hahaha...karena sudah sekitar pk 2 siang, kami menuju Bugis dan makan di Bugis Junction
Saat saya melihat ada ayam penyet dan langsung saya beli,  nikmat banget apalagi lengkap dengan sambalnya..... (harganya 5,2 SGD)
Setelah kenyang kami berjalan di sekitar Bugis street
dan menuju Clark Quay
Udaranya yang panas membuat kami kembali beristirahat dan mencari tempat untuk minum
Setelah melepas lelah kami mulai berangkat, karena tujuan selanjutanya adalah berjalan kaki sampai Merlion Park dan Esplanade, kami berjalan menyusuri sepanjang Singapore River yang sangat bersih
Kemudian ada yang menjual Ice Cream Walls dan kami mencobanya, Ice cream Walls membuat saya teringat dengan masa kecil waktu di Indonesia, yang sore-sore selalu lewat di depan rumah dan sering membelinya.
Lihat saat  hampir tiba di Merlion Park,senang sekali kami disambut dengan pelangi cantik yang menghias langit biru
Inilah patung Merlion  merupakan ikonnya Singapura,  belum lengkap rasanya ke Singapura bila tidak berkunjung ke sini
Marina Bay Sands
Gedung Esplanade  merupakan gedung teater  terkenal di Singapura yang didesain menyerupai durian, sehingga sering disebut "gedung durian"
Malam harinya kami makan malam di Kopitiam dekat hotel, disana banyak stand yang menjual makanan yang bermacam-macam , harganyapun relatif murah
Inilah menu-menu yang kami pesan, semuanya khas Singapura dan semuanya enak banget!!

Laksa
 Bakut Teh
 Hokkian Mie
 Carrot Cake yang digoreng dengan telur

HARI KE-2 (Kamis, 26 Januari 2012)
Hari ini kami merencanakan untuk ke pulau Sentosa yang juga merupakan pusat tujuan para turis, kami naik MRT dari Lavender station dan turun di Outram Park Station transfer ke jalur ungu dan turun di Harbour Front station (mal Vivo city) kemudian dilanjutkan dengan naik monorail Sentosa Express yang dapat membawa kita langsung tiba di Pulau Sentosa.
Universal Studio juga ada di Pulau Sentosa, tapi kami tidak masuk ke dalamnya hanya di bagian area luarnya saja

Walau hanya di area depannya saja tapi di sana banyak toko-toko coklat dan permen yang didesain menarik serta lucu-lucu

Ini oleh-oleh coklat yang saya beli di sana.....
Siangnya sekitar jam 2-an kami kembali ke Vivo city  dan makan siang di Food Republic yang merupakan food court yang menyajikan beraneka ragam makanan,saking banyaknya sampai bingung mau pilih yang mana, akhirnya kami memilih Dim Sum

Setelah itu kami pergi ke Orchard Road yang merukapan pusat keramaian dan perbelanjaan yang besar di Singapura, bagi yang suka shopping jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke sana

Udara yang panas di Singapura memang membuat kita cepat lelah, apalagi karena membawa papa & mama, jadi kita cari cafe untuk istirahat sejenak.
Panas-panas paling enak minum yang segar-segar
Setelah istirahat dan merasa segar kembali, ngak terasa waktu makan malam pun hampir tiba, jadi target kuliner kami selanjutnya adalah "Makansutra Gluttons Bay" yang terletak dekat Esplanade, info ini saya dapat dari buku traveling Singapura yang mengatakan di sana tersedia berbagai macam makanan khas seperti Hawker culture food center yang banyak ditemukan di Singapura.
Inilah menu-menu yang kami pesan.....rasanya mantep banget deh, tapi karena yang datang ke sini rata-rata turis, jadi harganya agak mahal.
Ikan Bakar
Sate ayam & Kwetiau Goreng
Fried Chicken Wings
Tumis Kangkung Terasi
Karena lokasinya berdekatan dengan Esplanade, maka selesai makan kami berjalan-jalan sambil menikmati keindahan Singapura di saat menjelang malam , lampu-lampu gedung yang mulai menyala seakan-akan bersiap untuk menerangi Singapura di malam hari...

HARI KE-3 (Jumat, 27 Januari 2012)
Karena sudah beberapa kali ke Singapura, jadi kami ngak terlalu merencanakan secara khusus untuk berkunjung ke bagian mana.
Hari ini kami mengunjugi China Town yang juga merupakan salah satu destinasi para turis mancanegara, di sini suasana Tionghuanya sangat kentara dari gedung-gedungnya, apalagi pas masih bertepatan dengan suasana tahun baru imlek, jadi lebih terasa lagi budaya Tionghuanya

Dan yang pastinya adalah kuliner yang saya kejar, hahaha....
Kali ini saya memesan rujak India, kalau mau dijelaskan agak mirip-mirip dengan gorengan pempek palembang (walau rasanya sih beda) yang diberi saos khusus, enaklah pokoknya.
Dan ini es kacang, kalau di Indonesia ya seperti es campurlah... yang ini rasanya sih biasa aja
Sorenya istirahat sambil menikmati segelas kopi...
Lalu kami lanjutkan untuk berjalan-jalan sambil shopping.
Tetapi ada satu makanan yang belum sempat saya makan yaitu favorit saya rojak Singapura, dan tentu saja karena malam ini merupakan malam terakhir maka saya dan kakak saya pun pergi mencarinya, dan akhirnya mendapatkannya...
Khasnya Rojak Singapura selain buah-buah ada cak kwe dan petisnya lebih terasa
Dan karena kami malas keluar lagi, jadi kami bawa rojaknya pulang ke hotel, dan makan di Kopitiam yang ada di depan hotel sambil memesan beberapa menu yang ngak kalah enaknya seperti kwetiau goreng dan nasi lemak.
Nasi Lemak

HARI KE-4 (Sabtu, 28 Januari 2012)
Hari ini hari terakhir kami di Singapura, karena jadwal penerbangan kami adalah sore pk 18.30 jadi masih ada waktu setengah hari untuk jalan-jalan.
Hari ini kami  sarapan di Kopitiam , saya lupa ini namanya mie apa, tapi rasanya lumayan
 Kopi susu dan french toast
Setelah itu kami mengunjungi Chjmes, yang dulunya merupakan biara katolik yang bergaya klasik tetapi sekarang sudah diubah menjadi bar dan restaurant.
Di pagi hari  restaurant masih belum buka, jadi kita bisa foto-foto di sana dengan leluasa karena sangat sepi

Di dalamnya juga ada toko-toko yang menjual souvenir
Siangnya kita kembali ke Orchad Road dan makan di Food Republic.
Nasi Briyani dengan ayam goreng, mmmmmmm enak sekali.....
 Nasi ayam Hainam yang terkenal di Singapura juga lezat.....
 Young Tofu kering (karena biasanya ada kuahnya)
Tidak lupa dengan teh tari India yang juga populer di Singapur, lengkap sudah perjalanan kuliner saya di Singapura selama 4 hari ini.
Sekitar pk 14.30 kami kembali ke hotel untuk mengambil bagasi di hotel dan berangkat naik Taxi menuju Changi International Airport, kami tidak naik MRT karena bawaan kami yang bertambah banyak dan juga karena bersama dengan orang tua kami.
Pesawat papa, mama saya lebih awal terbangnya jadi mereka check in dulu, sedangkan counter check in kami belum di buka, jadi sambil menunggu saya berkeliling di dalam bandara sambil membeli kue di toko Bengawa Solo yang terkenal di Singapura.

Setelah kami check in ternyata waktunya masih banyak sebelum jam boarding, jadi saya bersama adik duduk santai dulu di Coffee Bean  sambil memesan Iced latte

Ini pesawat yang akan kami tumpangi menuju Taipei, boarding pk 17:55 dan lepas landas pk18:30
Karena Jet Star merupakan budget airline jadi tidak disediakan makanan, bila ingin dapat memesannya langsung kepada pramugari, di setiap kursi akan ada menu listnya seperti ini

Karena bertepatan dengan jam makan malam dan merasa lapar akhirnya kami memesannya , saya memesan nasi lemak, walau tentunya tidak seenak makan di rumah makan, tapi masih oklah apalagi karena lapar, hahaha...
Yang lainnya memesan Hainam Chicken Rice

Inilah sebagian khas oleh-oleh yang bisa di beli di Singapura