JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 9 & Day 10)

Day 9 (1 Oktober 2016)
Sebelum memulai perjalanan hari ini, yang tidak boleh dilupakan adalah menikmati segelas kopi dulu 😀 , kopi ini dibeli semalam di supermarket yang ada di stasiun kereta Wien Haupbahnhof.
 Pemandangan dari jendela kamar hotel saya tidak ada apa-apa, hanya ada gedung apartement
Area Lobi Hotel

Area Ruang makan Hotel (ada di B1)
Suasana Motel One dan sekitarnya di pagi hari

Stasiun kereta terbesar di Vienna "Wien Haupbahnhof" hanya berjarak beberapa ratus meter dari Motel One, jadi sangat convinient dan stasiun subway pun menyambung dari sana.

Wien haupbahnhof sangat besar dan merupakan pusat transportasi untuk akses ke seluruh kota yang ada di Eropa, semuanya bisa dijangkau dari stasiun ini dan juga memiliki pusat perbelanjaan serta berbagi macam restaurant
Stasiun Subway-nya adalah Suditroler Platz

Pagi ini  kita amu menuju ke Naschmarkt yang merupakan pasar tradisional di kota Vienna . Barang yang dijual bermacam-macam jenisnya mulai dari makanan, sayur, buah bahkan sampai barang-barang loak pun ada.
Akses menuju Nazchmarkt : naik subway jalur U4 dan turun di stasiun Kettenbrückengasse

Makanannya pun sangat banyak

BBQ

Saya membeli sepotong "Carrot Cake" harganya €2.90, bagian kuenya enak tapi bagian gulanya terlalu manis

ada makanan timur tengah yang saya suka sekali, namanya "Falafel" terbuat dari kacang arab yang digiling kemudian dibuat seperti bola-bola dan digoreng

Ada mie goreng juga

Dessert dari Turki

Aneka rempah-rempah

Buah Olive

Juga ada restauran

Tujuan selanjutnya adalah ke Stephansdom yang ada di pusat kota tua Vienna (Stephanplatz), kami naik subway dan turun di stasiun Stephanplatz
(Suasana kota Vienna saat berjalan menuju subway)

St. Stephen's Cathedral atau yang dikenal dengan "Stephansdom" merupakan gereja Katolik Roma yang dibangun Vienna pada tahun 1137, terlihat berdiri dengan megahnya di tengah kota Vienna.

Ada banyak kereta kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi  kota Vienna

Kita bisa naik ke menaranya untuk melihat pemandangan kota Vienna, ada 2 menara yang bisa dinaikki yaitu South tower dan North tower, kami naik ke South tower yang lebih tinggi menaranya, tiket untuk ke menara €5.5/orang, ada lift yang membawa kita naik ke atas menara

Sayangnya setiap tembok diatas menara dikelilingi dengan kawat pelindung sehingga, mengganggu view yang terlihat dari menara

Di sekitar kota tua Vienna ini ada sebuah restaurant yang sangat terkenal dengan Schnitzel-nya yang bernama "Figmuller". Restauran ini sudah berumur di atas 100 tahun. Dulu hanya ada 1 toko, tetapi karena terlalu ramai akhirnya dibuka lagi cabangnya yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari toko lama.

Ini toko yang lama

Saya menyarankan kalau ingin makan di sini sebaiknya booking dulu supaya ada tempat karena restaurant ini benar-benar populer di kalangan turis. Kami sudah booking tempat sekitar 2 bulan sebelum dan sengaja memilih restaurant cabangnya, karena lebih besar tempatnya

Benar saja, saat kami tiba di sana orang-orang sudah banyak yang mengantri di luar pintu

Tidak lama kemudian kami dipersilahkan masuk dan diantarkan ke meja yang telah disediakan buat kami dan diberikan menu

Suasana di dalam Figmuler

Vinyard Grape Juice (katanya anggurnya berasal dari kebun anggur mereka sendiri)
€2.70

Apple Juice €2.70

Schnitzel Figmuller ini sangat special karena ukurannya sangat besar bahkan hampir melebihi besar piringnya 😋, kami berempat hanya pesan 2 porsi karena takut terlalu banyak, dagingnya enak sekali, luarnya crispy tapi dalamnya sangat empuk, tidak heran restaurant ini tidak pernah sepi dan harganya pun tidak mahal , satu porsi Figmuller Schnitzel harganya €14.90

Saladnya kentangnya juga enak sekali, tekstur kentangnya yang legit dan sayurnya yang sangat fresh dilumuri dengan sauce special figmuller, pas banget dimakan dengan daging Schnitzel .
Harganya €4.70/porsi

Schnitzel yang sudah dibagi setengah saja masih begitu besar dan memenuhi piring 😁

Dessertnya juga enak banget, rasa coklatnya  benar benar asli dan dipadu dengan creamnya yang sangat lembut dan ternyata rasanyapun tidak terlalu manis.

Warm Chocolate Cake  €6.50
Dan tentu saja tidak lupa memesan coffee
Cappucinno €3.8

Total semuanya
Kota tua Vienna sangat cantik dengan bangunan gedung-gedung tua yang penuh dengan sejarah
Di sini merupakan tempat yang paling cocok bagi mereka yang punya hobi shopping karena merupakan pusat perbelanjaan yang besar dan lengkap

Karena sudah lelah berjalan seharian, maka sorenya kami kembali ke Hotel, kebetulan hari itu adalah hari sabtu jadi semua toko-toko di Eropa akan tutup lebih awal yaitu pk 18:00, yang buka hanya rumah makan dan cafe saja. Setelah menaruh barang belanjaan di hotel, kami kembali ke Wien Haupbahnhof untuk makan malam di sana, di sana ada food court yang menjual berbagai macam makanan, bahkan ada makanan Thailand dan tentu saja saya tanpa ragu langsung memesan makanan di sana.

Saya memesan nasi goreng ala Thai, porsinya sangat banyak
Harganya  €7.90
 Setelah makan kita semua kembali ke hotel karena semua toko juga sudah tutup dan tidak ada toko lagi yang bisa dikunjungi
Suasana Motel One di malam hari

Day 10 (2 Oktober 2016)
Hari ini adalah hari terakhir dari perjalanan kami, sore nanti kami sudah harus ke airport  jadi masih ada waktu setengah hari untuk berjalan-jalan. Sebenarnya pagi ini kami ingin sarapan di hotel, tetapi terlalu ramai sampai tidak ada tempat lagi jadi akhirnya kami sarapan di cafe yang ada di stasiun kereta Wien Haupbahnhof. Kami pilih Cafe Le Crobag yang juga merupakan cafe franchise yang dapat kita temui  di Austria.

Jadwal perjalanan terakhir hari ini adalah mengunjungi Schonbrunn Palace, tetapi sebelum berangkat ke sana kami mampir dulu ke loket penjualan tiket kereta OBB untuk membeli tiket kereta jurusan airport supaya sore nanti kami tidak perlu terburu-buru membeli tiket lagi.
Harga tiket ke airport (Wien Flughafen)  €3.9/orang

Akses menuju Schonbrunn Palace : naik subway turun di stasiun Schonbrunn

Ikuti saja petunjuknya, maka kita akan tiba di Schonbrunn Palace
Hari itu langit agak mendung bahkan sedikit gerimis dan udara juga lebih dingin, suasananya sudah seperti akan masuk ke musim gugur

Gerbang utama untuk memasuki halaman Schonbrunn Palace
 Istana ini sangat besar dan megah serta memiliki taman bunga yang cantik dan merupakan ikon dari kota Vienna sehingga menjadi kewajiban bagi para turis untuk berkunjung ke istana ini kalau berada di Vienna. Dan Istana ini pun sudah terdaftar dalam situs World Culture Heritage oleh UNESCO
Untuk dapat masuk ke dalam istananya harus membeli tiket terlebih dulu, dan tiketnya terbagi atas berbagai macam , untuk info selengkapnya bisa dilihat di situs ini Schonbrunn Palace Ticket
Pengunjung palace ini sangat ramai, sehingga kami harus mengantri sekitar 20 menit
Di sebelah antrian ada sebuah cafe kecil

Tetapi yang mengecewakan adalah setelah giliran kami untuk membeli tiket ternyata ada pembatasan jumlah pengunjung untuk masuk ke dalam istana dan kami kebagian yang sore hari sekitar jam 2 siang, wah...tentu saja akhirnya kami tidak jadi membeli karena sorenya kami sudah harus berangkat ke airport. 😞
Apa boleh buat akhirnya kami menghibur diri dengan berfoto-foto di sekitar lokasi Istana saja 😉

Siangnya kami kembali ke stasiun kereta Wien Haupbahnhof dan makan siang di sana, kami memilih makanan yang sama dengan kemarin yaitu di stand food court Thai food, karena memang enak banget sih dan sebetulnya kita sudah mulai bosan dengan makanan ala Eropa, hehehe
Hanya kali ini kami memesan mie goreng yang ternyata lebih enak lagi dari nasi goreng, puas rasanya 😁
 Saya juga memesan minuman juice yang benar-benar asli dan fresh banget,yang lucu nama minuman juice ini adalah "Anti Flu"
Setelah makan, kita kembali ke hotel untuk mengambil koper dan berangkat menuju Wien Flughafen (Airport)

Keretanya kosong

Dari Wien Haupbanhhof menuju Wien Flughafen hanya sekitar 30 menit
Setelah tiba di airport , kami melakukan proses check in

Duty Free area

Siap-siap menuju boarding gate

Pk 18:30 mulai boarding
 BR 62 A330-200 (seat 2-4-2)
19:35 take off

Pesawat lama dengan ukuran monitor yang kecil

Menu Vienna - Bangkok

Snack (Mixed nuts & Tomato Juice)
Western Style dinner
Chinese Style dinner
2 jam sebelum mendarat disediakan breakfast
Western Style Breakfast
 Chinese Style Breakfast
Pk 10:50 pagi persawt landing di Bangkok airport

Pk 12:20 pesawat take off dari Bangkok menuju Taipei dan mengakhiri perjalanan Austria-Cezch, ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan, bila ada kesempatan pasti saya akan melakukan perjalanan ini kembali.

Sekilas barang-barang yang dibeli saat di Austria dan Czech

Artikel Terkait:
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 1,2,3)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 4)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 5,6)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016(Day 7,8)