JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 4)

Day 4 (27 September 2016)
Hari ini kami akan meninggalkan kota Prague dan menuju Cesky Krumlov, jadi pagi-pagi kita semua sudah siap-siap untuk check out dari hotel. Transportasi yang terbaik menuju Cesky Krumlov adalah naik bis Student Agency, tetapi stasiun bisnya berbeda bukan naik dari Florenc Station seperti waktu tiba di Prague, melainkan harus naik dari Na Knizeci station.
Jadi kami naik subway/metro dari Namesty Republiki station dan turun di Andel (Metro line B) station dengan harga tiket 32Czk
 ini di metro Andel
Stasiun subway di Prague sudah terlihat tua
Ada toko roti, tapi lucunya kita tidak bisa masuk ke dalam tokonya, jadi kalo mau beli kita tinggal lihat dari luar kaca dan pilih roti yang kita inginkan dan kasih tahu kepada penjualnya dari loket yang kecil
 Rotinya sangat murah
dan juga ada sebuah convinience store yang sangat mini
Untuk menuju stasiun bis Student Agency harus keluar dulu dari stasiun subway, harga tiket bis Student Agency dari Prague menuju Cesky Krumlov hanya €;7.6 , perjalanan sekitar 3 jam.
Sama seperti sebelumnya, setiap orang akan diberi segelas minuman dengan pilihat teh, coklat atau kopi.
Perjalanan 3 jam menuju Cesky Krumlov tidak terasa membosankan karena saya sangat menikmati pemandangan yang indah selama perjalanan.
Kadang-kadang kita akan melewati kota kecil
melewati pertanian
Saat perjalanan hampir menuju Cesky Krumlov mulai tampak Penzion (rumah penginapan)
Ada 2 stasiun bis Student Agency untuk turun di Cesky Krumlov, yaitu Spicak dan An station, kami turun di An station yang merupakan stasiun paling akhir, karena lebih dekat dengan hotel tempat kami tinggal.
Turun dari stasiun bis, kita berjalan kaki sekitar 10 menit dan saat kami berjalan menuju hotel akan melewati banyak rumah-rumah penginapan (penzion) yang bagus-bagus  bangunannya.

Hotel tempat kami menginap "Hotel Grand" letaknya tepat di tengah-tengah old town main square, jadi sangat strategis . Pintu masuk hotelnya dari gang kecil di samping kiri
Old Town Main Square

Bangunan-bangunan di kota kecil ini dibangun sekitar abad 13 dan 14, termasuk Grand hotel, tetapi tentu saja bagian dalam interior hotel sudah direnovasi. Bagian lantai satu adalah resepsionis dan restaurant

Karena gedung bangunannya semua gedung kuno jadi semua hotel di Cesky Krumlov tidak ada lift, kamar hotel kami di lantai 3 jadi untuk membawa koper-koper ke kamar kita lakukan dengan estafet.

Di bagian lantai 2 selain ada kamar-kamar tamu juga ada area ruang duduk yang bisa digunakan oleh para tamu

Saat memasuki kamar hotel, kami semua sangat senang karena kamarnya luas dan sangat nyaman, ada ruang tamu yang lengkap dengan sofanya.
Kami tinggal berempat dalam satu kamar, tetapi ruangan tidurnya yang  terpisah. terdapat satu ranjang besar di ruang utama dan satu ranjang besar lainnya di kamar lainnya.
 Untuk kamar yang satu lagi , view jendelanya menghadap ke town square
Harga permalamnya untuk suite room ini 5475 NTD
Viewnya dari jendela kamar keren banget
Kulkas yang lengkap dengan isi, tetapi tentu saja tidak gratis😁
Bahkan tersedia Esspresso Coffee maker (saya ngak sempat mencobanya)
Toiletnya sangat bersih dan luas
Rata-rata hotel di Eropa tidak menyediakan amenities yang lengkap , tetapi di Grand hotel semuanya tersedia

Saat kami tiba di Cesky Krumlov masih belum waktunya untuk check inn, jadi setelah kami menitipkan koper di hotel, kamipun langsung berjalan-jalan mengelilingi kota kecil Cesky Krumlov. Walaupun  bangunan-bangunannya sudah berusia ratusan tahun tetapi masih sangat terawat dan kokoh.

Cesky Krumlov merupakan kota kecil di selatan dari Czech Rebublic dan di tahun 1992 masuk dalam daftar World Heritage (warisan dunia) yang harus dijaga kelestariannya. Di Cesky Krumlov ini tidak akan dapat ditemui toko-toko franchise asing seperti Starbucks, McDonald, karena mereka ingin menjaga keaslian kota ini sehingga tidak mengijinkan toko-toko franchise asing dibuka di sana.

Setiap sudut dan lorong jalan sungguh membuat saya terkesima dengan cantiknya Cesky Krumlov, siapapun pasti akan jatuh hati pada kota kecil ini 😍😍

Belum lagi udaranya yang segar serta bebas dari polusi dan debu

Tidak ada satu bagianpun dari kota ini yang membuat saya bosan

Tempat yang harus dikunjungi di Cesky Krumlov adalah Castle-nya yang sangat terkenal

Suasana di lokasi Castle

Dari tembok di atas bangunan kastil ini akan terlihat pemandangan kota Cesky Krumlov yang sangat indah dan khas dengan atap merah dari bangunannya.

Posisi point shoot foto yang paling banyak diambil oleh para turis adalah dari lubang yang ada di atas bangunan kastil ini, jadi sayapun ngak mau ketinggalan untuk foto dari sini juga 😃
Kita bisa naik ke atas menara kastil dengan membayar tiket masuknya 50CZK/peroang
Pemandangan dari puncak menara kastil sangat menakjubkan, apalagi didukung dengan cuacanya yang sangat cerah, keren banget!
 Dari sini kita dapat melihat keseluruhan kota Cesky Krumlov dari sudut 360 derajat
Serasai  berada dalam dunia dongeng

Saat saya berdiri di sini memandang keindahan kota Cesky, benar-benar terasa seperti mimpi.....akhirnya saya bisa berada di kota impian ini 😍😍😍
Ini sudut favorit saya, terhampar penuh dengan atap merahnya yang sangat mempesona💓💓
Sorenya kami ke MLS Creperie Cafe untuk beristirahat sambil menikmati tea time
Cafe kecil yang cantik , saya sangat suka dengan dekorasinya yang memberi kesan sangat hangat dengan warna putih sebagai warna utamanya dipadukan dengan hitam

Harganya ngak mahal, dan bisa di lihat di menu ini

Latte & Cappucinno (harganya lupa, sepertinya sekitar 60 CZK)
Malinovka "Raspberry Lemonade" (55CZK), saya pribadi kurang suka dengan minuman ini karena rasanya aneh, tidak begitu ada rasa dan menggunakan air mineral yang bersoda (sparkling water)
Spenctova s parmskou sunkou
(Spinach, slices of prosciutto, grated cheddar cheese & tomatoes)129 CZK

Sehabis tea time kita kembali berjalan-jalan lagi menyusuri kota

Ada juga seniman jalanan yang bernyanyi dengan merdu

Kita juga bisa jalan-jalan di sepanjang pinggir sungai Vivata yang mengalir di kota Cesky Krumlov, kalo di musim panas bisa dayung perahu di sungai ini, tetapi tertutup saat memasuki musim dingin

Malamnya kami makan di restaurant KRCMA Satlavske, ingat kalo ingin makan di restaurant ini harus booking jauh-jauh hari dulu, jika tidak maka kemungkinan tidak bisa makan di sini, karena ramai sekali, bahkan ketika kami tiba di sana walaupun sudah booking masih harus menunggu sekitar 15 menit.
Restaurant ini unik sekali, di dalamnya seperti gua batu dan sangat tradisional.
Menyediakan makanan BBQ khas Czeck, rumah makan ini digemari para turis pertama karena makanannya memang enak, kemudian harganya pun tidak terlalu mahal sangat terjangkau
Daging-daging dipanggang secara tradisional dengan menggunakan kayu bakar jadi dagingnya pun lebih wangi dibandingkan dengan daging yang dipanggang di oven.

Buku menunya sangat klasik

Onion Soup serve in a loaf of Bread (65CZK)
 Apple Juice (30 CZK)
 Salad (Mixture of young  leaves of beetroot & spinach with raspberry vinegar & olive oil)
80 CZK
 300g Juicy steak from Chicken Breast on grill (145CZK)
 600g Mix of Grilled Meats for 2 persons (495 CZK)
Home made Apple Strudel with Ice Cream (75 CZK)
Kami semua sangat menikmati makan malam ini
Suasana malam old town main square di malam hari

Artikel Terkait:
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 1,2,3)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 5,6)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016(Day 7,8)
JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 9,10)