JALAN JALAN KE AUSTRIA, CZECH & GERMANY 2017 (Day 6 & Day 7 )

Day 6 (Selasa, 21 November 2017)
Hari ini kami masih memiliki setengah hari untuk jalan-jalan di kota Prague, karena sorenya kita sudah akan berangkat menuju Ceski Krumlov. Sebelum check out kita sarapan dulu. Menunya tidak beda jauh dari kemarin. (dan tentunya ini bukan punya saya sendiri, tetapi gabungan dari teman-teman lain 😄)

Karena hanya punya waktu setengah hari jadi kami tidak pergi terlalu jauh, pagi ini pun seperti kemarin baru saja hujan reda jadi jalanan masih basah, tetapi tetap saja tidak mengurangi kecantikan kota Prague.

Kita jalan sampai ke Havelske Triste, jika ingin membeli oleh-oleh bisa ke pasar ini karena barang-barang yang dijual di sini segala jenis macam oleh-oleh dan souvenier. Pasar ini dimulai dari Pk 6:00 pagi sampai pk 18:30

juga ada yang menjual buah-buahan

Bila ke Czech jangan lupa untuk mampir ke Manufaktura yang merupakan kosmetik perawatan kulit yang sangat di minati oleh wisatawan, selain Manufaktura juga ada Botanicus, tetapi harga Manufaktura lebih terjangkau serta lebih banyak dipakai oleh penduduk lokal Czech.
Kami berjalan lagi menuju Old Town Square
 Banyak seniman jalanan yang melakukan pertunjukkan di Old Town Square
 Kios-kios kecil yang menjual makanan dan minuman

Kemudian kami masih sempat berbelanja di shopping center daerah Wenceslas Square

Karena masih ada waktu kami masuk ke Paul Cafe dan memesan makanan di sana

Kami memesan sandwich dan dan 2 macam soup
 soup pumpkinnya creamy sekali😍
 soup kentangnya juga enak

Setelah itu kami kembali ke hotel untuk mengambil koper yang dititipkan di lobi hotel dan naik subway dan turun di Andel station (metro line B) dan jalan ke stasiun bus Student Agency Na Knizeci. Tiket bus sudah dipesan lewat online saat di  Taiwan, jadi kami tinggal menyerahkan print out-nya saja kepada petugas yang bersangkutan. Jam keberangkatan 16:00 dan tiba di Cesky Krumlov, An stasion pk 18:55, harga tiket perorang hanya 7.05 EUR
Tahun lalu saya sudah pernah ke sana, jadi sudah jelas mengenai rutenya. Setelah bus-nya berangkat setiap penumpang akan ditawari minuman yang bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing berupa hot chocolate, hot coffee, hot tea. Saya sendiri memilih hot chocolate
Seperti sebelumnya juga, kita menginap di hotel yang sama yaitu Hotel Grand Cesky Krumlov hanya kali  ini kami pesan 2 kamar double room (dulu kita pesan 1 kamar suite room untuk berempat).
Hotel Grand berlokasi di alun-alun utama (main Square) Cesky Krumlov, saat kami tiba di sana hari sudah malam sehingga tampak sangat sepi.
Harganya per malam 89 Euro (3230 nt) include breakfast
 Hotel grand tampak dari dekat
Untuk masuk ke dalam hotelnya berada di samping hotel ada sebuah gang kecil
Beruntung sekali kamar kami berada di lantai 2, jadi tidak terlalu kesulitan dalam mengangkut koper ke kamar, karena hotel-hotel di Ceski Krumlov bangunannya sudah ratusan tahun sehingga tidak ada liftnya. Dulu kamar hotel saya di lantai 3 jadi benar-benar harus bersusah payah mengangkat koper belum lagi waktu menurunkannya juga.
Di depan kamar ada sebuah ruangan seperti lobi kecil bisa sebagai tempat untuk beristirahat
 Kamarnya sangat luas dan nyaman

Ada sebuah meja yang berfungsi sebagai mini bar dan tempat menaruh cofee maker
 Coffee Maker
 Mini bar
Pintu masuknya berada di ruang kecil yang membatasi kamar tidur dan kamar mandi
di ruangan ini ada sebuah lemari pakaian
 Tersedia sandal, piyama, dan tambahan selimut serta bantal
toiletnya berseberang dengan kamar

Toileteries-nya lengkap
Kami makan malam di sebuah restauran kecil yang bernama Pizzeria Latran dan letaknya tidak jauh dari hotel hanya perlu berjalan kaki sekitar 8 menit . Bentuk restaurant dari luar sangat menyenangkan.

Diterangi dengan lampu kuning yang remang-remang sehingga memberikan kesan kehangatan

Mungkin foto yang terpajang di dinding merupakan foto dari nenek moyang pemilik restauran ini
Dapurnya berkonsep dapur terbuka, jadi kita bisa melihat pembuatan pizza oleh sang koki

Walaupun nama restaurantnya Pizzeria Latran, tapi menunya tidak hanya pizza saja ada juga pasta dan lainnya. Makanan yang kami pesan semuanya enak banget, mulai dari salad, soup sampai pizza dan pasta semuanya memuaskan sekali. Padahal harganya tidak mahal tetapi semuanya dibuat dengan tidak sembarangan dan bahan-bahannya pun terasa sangat fresh. Hanya minuman juicenya merupakan minuman botol bukan yang diperas langsung
Ginger ale & Multi Vitamin (35Kc)
Soup of the day - Pumpkin Soup
 Salad  (95Kc)
Tagliatelle con pollo e spinaci - chicken , dried tomatoes, leaf spinach, parmesen, extra virgin olive oil (175 Kc)
Pizza Latrana  (175 Kc)

Jalanan  Cesky Krumlov  di malam hari sangat sepi, sudah tidak terlihat seorangpun sehingga terasa sangat tenang. Dan toko-toko di sana rata-rata pk 6 sore sudah tutup, hanya terlihat lampu yang menerangi estalase

Day 7 (Rabu, 22 November 2017)
Kamar saya letaknya tepat berhadapan dengan alun-alun (main square), jadi saat bangun pagi saya langsung membuka tirai jendela kamar untuk menikmati suasana Cesky Krumlov di pagi hari
 Suasana pagi di main square masi terlihat sepi
Sebelum menjelajahi Cesky Krumlov kita sarapan dulu di hotel. Letaknya berada di lantai 1 , walaupun ruangannya tidak luas tetapi tetap tidak mengurangi kenyamanan kami. Kebetulan kami traveling di bulan low season jadi tamu hotel tidak banyak.

Coffe maker-nya sudah diganti dengan yang baru terlihat lebih canggih berupa touch screen, tinggal menyentuh kopi yang kita inginkan  dan gelasnyapun harus disesuaikan dengan pilihan minuman kita, untuk latte dan cappucinno harus memilih gelas yang lebih besar dan untuk expresso dengan gelas yang lebih kecil.

Kami duduk di meja yang sama seperti tahun lalu saat menginap di hotel ini
 saya suka banget dengan mushroomnya yang ditumis dnegan olive oil😍
 Buahnya sangat fresh, hanya kiwinya agak sedikit asam

cuaca sangat bagus hari ini walaupun suhunya dingin tetapi matahari bersinar cerah membuat suasana hati terasa senang 😀
Travelling di low season memang paling tepat, karena sepi dari para turis sehingga kita bisa sesuka hati berfoto tanpa ada halangan.

Dari arah manapun dapat terlihat menara Kastil Cesky Krumlov yang menjulang tinggi menghiasi kota kecil Cesky krumlov

Serta area kompleks kastil yang megah tampak jelas dari jembatan kecil yang melintas di atas sungai Vlatva
Aliran sungai Vlatva sangat jernih
Setiap sudut jalan dan bangunan gedung yang ada di Cesky Krumlov sangat memikat hati, tidak heran jika Unesco menetapkan kota kecil ini sebagai warisan dunia yang harus dilindungi. Rata-rata bangunan rumah di sana dipakai sebagai hotel, restaurant cafe dan toko souvenier

Semua gedungnya masih mempertahankan keaslian arsitekturnya tetapi bagian interior dalamnya sudah diperbaharui mengikuti perkembangan jaman

Setelah melewati pintu gerbang ini, maka kita sudah keluar dari area dalam Ceski Krumlov dan menuju jalan raya utama.
dari luar terlihat rumah penduduk lokal
Dari sini kami kembali masuk ke dalam kota dan menuju area Kastil
Di depan halaman utama Kastil ada yang menjual minuman hangat berupa juice jeruk dan apel panas yang diberi sedikit kayu manis, karena penasaran saya membelinya, ternyata lumayan juga apalagi diminum di udara yang begitu dingin sangat menghangatkan tubuh. (Harganya 45Kc/gelas kecil)
Suasana komples kastil sangat asri, ditumbuhi dengan pohon-pohon serta rumput-rumput yang hijau sangat cocok untuk piknik dan berjalan santai.
Sudah mulai terlihat rombongan turis yang berdatangan
Kastil ini sudah ada sejak abad 13, kompleks kastil sangat luas perlu sekitar setengah hari untuk bila ingin benar-benar menjelajahinya termasuk masuk kedalam museumnya. Karena kami bukan tipe yang terlalu suka dengan hal-hal yang berbau sejarah jadi kita ngak masuk ke dalam museumnya . (tiket masuknya 100 Kc tanpa pemandu), kami hanya naik ke atas menaranya dengan tiket 50 Kc

Kita benar-benar akan dibuat takjub dengan view dari atas kastil

Mata rasanya tidak bosan-bosan memandang keindahan bukit yang terhampar luas dengan berhias rumah-rumah cantik beratap merah.

Dengan berjalan terus melewati jalan setapak akan membawa kita menuju The Castle Garden

Suasana di taman tenang sekali karena tidak ada pengunjung lain sama sekali kecuali kami, jadi serasa milik pribadi 😀

menemukan tupai yang sedang asyik makan
 Dari taman kami kembali ke arah kastil untuk naik ke atas menaranya
Untuk naik ke atas menara harus membeli tiket  terlebih dulu , harganya 50 Kc
tangga untuk naik ke atas menara terbuat dari kayu, makin ke atas makin sempit bahkan kalau berpas-pasan dengan orang yang mau turun kita harus saling mengalah, karena bila tidak akan macet di tengah

Kelelahan kita akan terbayar setelah sampai ke puncak menaranya, karena di sana kita dapat melihat keseluruhan keindahan Cesky Krumlov dari sudut pandang 360 derajat

Sorenya kami tea time di cafe yang menjadi favorite saya saat berada di Cesky Krumlov yaitu MLS Creperie, tahun lalu  setelah mencoba makan di cafe tersebut saya terus terbayang-bayang dengan kelezatan Crepesnya yang enak serta suasana cafenya yang sangat nyaman dan cantik, sehingga tentu saja saya tidak akan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke cafe ini lagi saat berada di Cesky Krumlov. Saya benar-benar merekomendasikan cafe ini 😍😍😍

Kami memesan menu yang  berbeda-beda supaya bisa saling share
Cappucinno 45Kc
 Iced Coffee with Vanilla Ice Cream 70 Kc
Ceylon tea 59 Kc
 Banana Cokoladov - grated banana, hazelnut chocolate & roasted almond flakes
99 Kc
 Ovocna - sweet whiped cream cheese with fruits
89 Kc
 Spenatova s Parmskou Sumkou - spinach, slices of prosciutto, gratted cheddar cheese & tomatoes
129 Kc
Porsi crepes-nya cukup besar khususnya yang rasa asin, jadi saya menyarankan agar 1 orang jangan  pesan 1 porsi tetapi 4 orang cukup memesan 3 porsi.
Setelah puas menikmati tea time kita kembali berjalan mengitari kota kecil ini, bagi teman-teman yang datang ke eropa di saat musim harus memanfaatkan waktu  dengan baik karena matahari akan lebih cepat terbenam sehingga sekitar pk 5 sore saja sudah mulai gelap, belum lagi toko-toko di Cesky Krumlov pk 6 sore semua sudah tutup, kecuali resataurant dan cafe.

Jerman terkenal dengan alat-alat warna dengan  merk Faber Castle dan di Czech terkenal dengan Koh I Noor, jadi kalo suka dengan alat-alat warna bisa beli di sini dan ingat harus di tokonya langsung jangan beli di toko souvenir, karena harga yang di jual di toko souvenier harganya jauh lebih mahal dari counter tokonya, bahkan di salah satu toko souvenir untuk pensil warna 72 Colors ada yang menjual seharga 1000an Kc padahal saya beli langsung di counternya kalau ngak salah sekitar 380an (saya agak lupa tetapi tidak sampai 400 Kc)
Tokonya yang berada di ujung jalan ini
 terlihat dari dekat tokonya seperti ini
 Kami terus berjalan ke arah jalan raya depan
 Di luar dari kompleks Cesky Krumlov old town juga banyak penginapan
 Setelah agak gelap kami mulai balik kembali menuju old town

Suasana sunseet terlihat sangat indah, langit tampak ungu keemasan

Lampu-lampu mulai menyala
Baru pukul 6 sore sudah gelap seperti ini
Untuk makan malam kita kembali makan di Krcma V Satlavske, karena tahun lalu saat kami makan di restaurant ini kami benar-benar puas dengan menu hidangannya dan harganya pun murah. Restaurant ini sangat dimintai oleh para turis yang berkunjung ke Cesky Krumlov jadi lebih baik kalau mau makan di sini harus booking dulu lewat internet, kami sendiri sudah booking sekitar 2 bulan sebelumnya. Tadinya kita booking untuk jam 8 malam, tetapi ternyata sebelum pk 7 kami sudah tidak ada rencana mau kemana-mana lagi, jadi kita coba langsung ke resataurannya untuk meminta apakah ada tempat untuk kami bila mau lebih awal makanannya dan ternyata ada dan mereka memperbolehkan kita  untuk mengganti waktunya lebih awal.
 Restaurant ini mendapatkan pengghargaan sebagai pemenang dari Trip Advisor 2014
Piringnya sangat tradisional terbuat dari papan kayu
Dari semua total pemesanan kami termasuk minuman dan dessert hanya menghabiskan 1320 Kc dan 180 Kc kami berikan sebagai tips untuk pelayan yang memberikan service yang memuaskan , sehingga total kami membayar 1500 Kc
Sebagai dessert kami memesan Apple strudle

Artikel Terkait:

Artikel Lainnya:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)