JALAN JALAN KE AUSTRIA, CZECH & GERMANY 2017 (Day 4 & Day 5)

Day 4 (Minggu, 19 November 2017)
Hari ini kami akan meninggalkan kota Innsbruck(Austria) dan menuju kota Prague (Czech), pagi-pagi sekali sudah harus check out dari hotel. Untungnya hotel kami bisa langsung sambung dengan stasiun OBB tanpa harus keluar ke jalan raya, kita tinggal naik lift turun ke lantai dasar dan akan langsung terlihat direction menuju stasiun OBB.
Sebelumnya kita masing-masing membeli breakfast dulu di lobi stasiun sebelum menuju peron. Di sana ada 2 toko bakery dan saya memilih Le Crobag (salah satu bakery yang banyak ditemukan di Eropa)

Suasana stasiun kereta OBB di pagi hari masih terlihat sepi

Sebelum meninggalkan Innsbruck turun salju yang lumayan lebat, kita semuanya excited😍
Untuk mengantisipasi rasa dingin, di peron stasiun tersedia ruang tunggu yang tertutup oleh kaca, sehingga penumpang bisa menunggu di dalam tanpa kedinginan

Tidak lama kemudian kereta yang akan kami tumpangi pun tiba, kereta ini tidak langsung menuju Prague, tetapi akan berhenti di stasiun Linz dan berganti kereta yang akan menuju Prague.

Tiket kereta ini sudah dipesan lewat online sebelum keberangkatan kami di Eropa, beruntungsekali  kami mendapatkan tiket discount jadi hanya dengan harga 29 Euro ditambah 2 Euro (perorang) untuk tambahan biaya pemesanan seat sudah bisa membawa kita menuju Prague, karena kalo tidak ada discount maka harga tiketnya berkisar sekitar 150 Euro untuk perorang, sangat mahal. Tiketnya akan dikirim lewat email, lebih baik tiketnya di-print out sehingga mempermudah saat ada pengecekan oleh kondektur.
total perjalanan secara keseluruhan adalah 7jam40menit, tetapi kita tidak akan merasakan lelah atau bosan, karena kereta di Eropa sangat nyaman belum lagi pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah sehingga saya sangat menikmatinya., bahkan kalaupun mengantuk rasanya tidak rela untuk memejamkan mata.

Pada pukul 11:12 kereta berhenti di stasiun Linz Hbf dan kita harus transfer ke kereta lain yang menuju Prague, jam keberangkatan selanjutnya adalah pk 11:52 jadi masih ada waktu sekitar 40 menit .
Kami kemudian membeli makanan untuk makan siang nanti di dalam kereta, kebetulan ada sebuah rumah makan yang menjual makanan Asia yang terlihat menarik juga makanannya dan harganya pun tidak terlalu mahal, jadi kamipun langsung memutuskan untuk membelinya.

Kita memilih Asia Boxen no 4 yang isinya nasi dengan 2 macam menu sayur yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita , harganya yang small box 6.50 Euro dan yang large box 7.50 Euro. Kita belinya yang small
di dalam Linz Hbf juga ada Supermarket Spar
Untuk kereta tahap ke 2 yang akan menuju Prague merupakan kereta yang dioperasi oleh negara Czech, keretanya terlihat lebih tua tetapi tetap nyaman dan bersih.

Kali ini kereta akan langsung dari Austria menuju negara Czech , perjalanan yang ditempuh kali ini lebih lama yaitu sekitar 4 jam.
Di dalam kereta kami menikmati makanan yang dibeli saat berhenti di Linz Hbf

Setelah makan saya berjalan-jalan di dalam kereta, kebetulan keretanya agak kosong jadi dengan leluasa saya dapat melihat-lihat gerbong lainnya. ternyata ada gerbong yang memiliki ruangan private dan rata-rata kosong tidak ada penumpangnya, akhirnya kami pun pindah ke gerbong tersebut
 Duduk di dalam ruangan ini sangat menyenangkan karena serasa memiliki ruangan pribadi VIP😄
Sepanjang perjalanan menikmati pemandangan yang sangat indah membuat hati terasa damai

Kemudian ada pelayan kereta yang menawarkan kopi dan snack, iseng-iseng saya membeli segelas kopi yang diseduh langsung oleh pelayannya, harganya murah hanya 30 Kc

Pada pk 15:57 kereta tiba di Prague main train station (Praha hlavní nádraží)
 Prague main train station sangat besar, kami sempat kebingunan juga harus keluar dari pintu yang mana yang terdekat dengan arah hotel tempat kami menginap

Di luar stasiun terdapat taman yang sangat luas
Kami menginap di Grandium hotel yang jaraknya sekitar 500 m dari Prague main train station
Grandium hotel letaknya di area Prague 1 , sangat strategis dan hanya beda 1 blok dengan Wenceslas square
Hotel ini termasuk bintang 4, tetapi harganya sangat terjangkau 1malam 2855 NT termasuk breakfast.
Sebelum memasuki lobi utamanya kita akan melewati dulu ruangan yang seperti ruang tunggu, baru setelah itu kita masuk ke lobi utama.
Lobinya sangat luas dan terkesan elegan
 Setelah menyelesaikan proses check in kita langsung masuk ke kamar untuk menyimpan koper sebelum berjalan-jalan ke luar
 lorong kamar hotel
Kartu kamar
Saya sangat suka dengan desain kamarnya yang simple dan modern

Diberikan Welcome gift berupa madu handmade
Mini barnya lengkap (hanya kopi dan tehnya yang free)

Tersedia pula piyama dan sendal hotel

Saya juga suka dengan desain bathroom nya dengan kombinasi warna hitam putih

Bahkan yang keren paket Welcome Gift-nya dari LOCCITANE😍😍
Setelah menyimpan koper di kamar, kita bersiap-siap keluar menuju old town prague untuk menukar uang Czech. Jangan sembarang masuk ke tempat penukaraan valuta asing, karena bila tidak berhati-hati banyak sekali money changer yang menipu para turis. Saya sangat merekomendasikan menukar uang di money changer "eXchange". Bisa dilihat di website  https://www.exchange.cz/mobile.
Malamnya kami makan Louvre Cafe, yang katanya sering didatangi oleh "Albert Einstein" saat berkunjung ke Prague" 😄
Cafe ini telah berdiri sejak 1902
 Restaurant-nya berada di lantai 2
 Di area lobi ada stand yang menjual merchandise serta souvenir cafe Louvre
 Sampai di dalamnya kita harus mencari sendiri tempat duduk yang kosong
Setelah duduk, pelayannya akan memberikan peralatan makan dan menu

Menu di Cafe Louvre tidak mahal dan rasanya pun enak, bila berkunjung ke Prague bisa coba makan di sini, sayangnya karena kami datangnya malam jadi saya ngak memesan kopi.
Fresh Pressed orange juice with strawberries 69 Kc
Fresh Cocktail - Orange, kiwi, banana (69 Kc)
Sekeranjang Roti lengkap dengan  cheese cream (Free)
Kita pesan 2 macam soup
Smooth Cream of Turnip (69 Kc)
Strong Beef Broth with liver dumplings, meat an Vegetables (69 Kc)
Salad  - Waldorf (lettuce, apples, grapes, celery stalks, walnuts, yogurt dressing) 129 kc
Large Beef Goulash with carlsbad dumplings  (209 Kc)
 Fried Turkey Chops in sesame breadscrumbs, viennese potato salad and lamb′s lettuce salad with pumpkin oil  (199 Kc)

Czech Dessert

Day 5 (Senin, 20 November 2017)
Breakfast di Grandium Hotel sangat lengkap dan macamnya pun bervariasi
Area Salad dan yogurt
Area Sereal dan Bakery

Coffee Maker

Aneka ham dan cheese

Cake area

Cheese

Ruangannya sangat besar,dan kebetulan tidak ramai jadi kami bisa duduk dimana saja yang kami inginkan

Juga ada koki yang bisa langsung membuatka omelette

Jadwal kami hari ini adalah berkeliling di kota Prague, khususnya di area Prague 1(Prague terbagi atas beberapa area). Cuaca di Prague pagi ini  agak sedikit mendung bahkan sempat turun hujan, untungnya saat kami keluar hujan sudah berhenti hanya jalanan masih basah. Tetapi karena cuaca di Eropa kering jadi sebentar saja jalan sudah kering.

Hotel tempat kami menginap hanya beda 1 blok dengan Wencesles Square

Udara di pagi hari sangat segar, dan cuaca juga mulai menjadi cerah

Prague merupakan ibukota negara Republik Ceko. Kota Prague sangat cantik dengan bangunannya yang khas klasik eropa yang tersisa dari abad pertengahan dan masih terpelihara sampai saat ini, membuat Prague terlihat sangat anggun.

Di jalanan banyak ditemui stand yang menjual roti yang namanya Tderlink tetapi ternyata itu bukan khas dari Ceko melainkan dari Hungaria, bentuknya mirip cerobong asap

Prašná brána (Powder Tower).

Menara ini yang selesai dibangun di tahun 1475 dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan bubuk mesiu.

Walaupun ini bukan yang pertama kalinya saya berkunjung ke Prague, tetapi saya tetap sangat bersemangat menikmati setiap langkah saat menjelajahi  kota ini. Kota ini benar-benar sangat memikat, tidak heran banyak sekali film atau music video yang mengambil shooting di kota ini.

Old Town Square

Lorong-lorong jalan yang cantik

Sebenarnya kami sempat sedikit tersesat saat mau menuju Charles Bridge, tetapi justru karena begitu kami tanpa sengaja melewati jalan utama di pinggir sungai Vlvata yang merupakan sungai terpanjang di Ceko dan pemandangan di sana sangat indah.

Itulah asyiknya kalo traveling tanpa tour, karena kita akan bisa menemukan banyak  hal-hal tak terduga yang dapat menjadi surprise yang menyenangkan disaat traveling 😍

Dari arah ini kita akan dapat memandang Charles Bridge dari sudut pandang yang berbeda

Kali ini kami ingin menikmati Prague dengan cara yang berbeda dari perjalanana kami setahun yang lalu, jadi saya mengajak teman-teman untuk naik perahu sambil menikmati keindahan sungai Vltava.
Tiket Boat trip-nya bisa langsung dibeli di depan Charles Bridge, kita dengan mudah akan melihat petugas boat trip yang berpakaian ala Navy menawarkan tiket.

Harga tiketnya perorang 340 Kc dan diberikan snack serta minuman

Sebelum perahu berangkat, nahkoda kapalnya akan membagikan minuman, snack dan earphone.
Jumlah penumpang kapal tidak banyak total hanya 9 orang saja, jadi kami bisa dengan leluasa duduk di tempat yang kami inginkan, bahkan bisa berpindah-pindah untuk mengambil posisi yang ok saat  berfoto
Nahkoda kapal kami seorang wanita
Pada titik lokasi tertentu ia akan menjelaskan kepada para penumpang mengenai sejarah pembangunan Charles bridge yang dalam bahasa Ceko adalah Karlův most

Boat trip ini sekitar 45 menit, tiket boat trip ini juga termasuk dengan tiket museum Charles Bridge tetapi karena waktunya terbatas  maka kami tidak masuk ke sana. Setelah boat trip selesai kami mulai menyusuri Charles Bridge

Setelah menyebrangi Charles Bridge kita akan memasuki area Mala Strana yang akan menyambungkan ke area Prague Castle

Di tengah jalan terlihat toko kecil yang menjual tderlink dan pizza, karena aromanya yang menggoda dan kebetulan  juga sudah mulai lapar akhirnya membuat kami berhenti sejenak untuk mengisi perut.

Pizzanya enak banget, kulit rotinya tipis sehingga ngak bikin enek dan harganya juga murah, sepotong pizza hanya 59 kc
 Mushroom Pizza
Kami sempat berteduh sebentar karena hujan, untuk tidak lama kemudiaan hujan mulai berhenti dan kita lanjutkan perjalanan menuju Prague Castle. Saat menuju Prague Castle kita akan melewati St Nicholas Church yang berlokasi di Mala Strana
Di tengah-tengahnya ada sebuah area lapangan terbuka yang bernama Malostranské náměstí”. Di seberangnya merupakan halte tram.

Prague Castle terletak di dataran tinggi, jadi mulai dari sini kita akan berjalan menanjak

Setelah melewati tangga ini, kita akan dibuat terpesona dengan view kota Prague yang begitu cantik serta khas dengan atap merahnya, hilang rasanya semua kelelahan setelah mendaki tangga yang begitu panjang
Kawasan menuju halaman utama Prague Castle

Sebelum memasuki area Castle  setiap pengunjung harus melewati pemeriksaan yang ketat
Loket pembelian tiket masuk berada di halaman utama
tiketnya terbagi atas beberapa tipe, kami membeli yang tipe Circuit B harganya 250Kc
Area yang bisa dikunjungi dengan tiket Circuit B adalah :
St. Vitus Cathedral, Old Royal Palace, St. George's Basilica, Golden Lane with Daliborka Tower

Type of ticket Full Admission Discount (*) Family admission (**)
Prague Castle – Circuit A CZK 350 CZK 175 CZK 700
Prague Castle – Circuit B CZK 250 CZK 125 CZK 500
Prague Castle – Circuit C CZK 350 CZK 175 CZK 700
Exhibition The Story of Prague Castle CZK 140 CZK 70 CZK 280
Prague Castle Picture Gallery CZK 100 CZK 50 CZK 200
Powder Tower (temporarily closed until cca 08/2018 due to reconstruction) CZK 70 CZK 40 CZK 140
Exhibition The Treasure of St. Vitus Cathedral CZK 250 CZK 125 CZK 500
Great South Tower with a View Gallery CZK 150

St. Vitus Cathedral

Kawasan Prague Castle sangat luas
Di dalamnya juga ada restaurant
Toko Souvenier
Ada kios yang menjual makanan Hot dog dan Panini

Jalan-jalan paling enak kalo sambil ngemil 😋 apalagi kalo cuacanya dingin cepat laparnya 😁, jadi akhirnya sayapun membeli grilled panini, ternyata panininya enak banget , roti bagian luarnya crispy dan dalamnya lembut serta isinya daging ayam yang dilumuri cheese yang kental.
Harganya 140 Kc
Golden Lane
Golden merupakan salah satu bagian dari kompleks castle yang memiliki deretan rumah-rumah mungil warna-warni , rumah-rumah ini dulu dipakai sebagai tempat tinggal bagi penjaga istana kastil dan sekarang dipakai menjadi toko-toko souvenir serta museum

Di bagian halaman belakang Prague Castle juga ada pintu masuk (kami masuk ke castle lewat pintu utama), dan kita juga bisa menikmati kecantikan kota Prague dari sana

Pulangnya untuk menghemat waktu dan tenaga kami naik tram untuk menuju Namesti Republiky, saya sudah cek di internet naik tram Line 15 dan naik dari halte  Malostranske namesti, tetapi setelah tram berjalan beberapa saat kami baru menyadari ternyata kami salah naik  tram yang berlawanan arah , untungnya setelah bertanya dengan anak muda lokal yang berbaik hati dan menyuruh kami untuk turun di stasiun Andel dan dilanjutkan dengan naik Subway dari Andel dan turun di stasiun Namesti Republiky
Tiket transportasi di Prague berlaku untuk semua angkutan umum, jadi kami tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket lagi, hanya karena tiket yang kami beli itu tiket yang memiliki batas waktu maksimum 30 menit jadi, harus digunakan dalam waktu tersebut.
Malamnya kita makan malam di food court Paladium Mall yang ada di Namesti Republiky, kami memilih kantin prasmanan, harganya sangat ekonomis hanya berkisar antara 120-150kc dan rasanya pun lumayan enak, sangat cocok di lidah

Saat berjalan pulang kembali ke hotel kami melewati toko mainan Hamleys yang terkenal di Inggris dan masuk ke dalam untuk melihat-lihat.

Artikel Terkait:

Artikel Lainnya:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)