JALAN JALAN KE AUSTRIA, CZECH & GERMANY 2017 (Day 8, Day 9 & Day 10)

Day 8 (Kamis, 23 November 2017)
Hari ini sebelum  berangkat meninggalkan Cesky Krumlov dan menuju kota Munich di Jerman, kami masih sempat sarapan pagi dulu, tadinya kami ingin sarapan lebih awal supaya tidak terburu-buru tetapi ternyata sarapan baru bisa di mulai pk 8 pagi, untungnya pihak hotel berbaik hati mereka memperbolehkan kami masuk terlebih dulu setelah mereka selesai mempersiapkannya, jadi akhir pk 7:45 kami sudah diperbolehkan untuk sarapan.

Kami kembali menggunakan jasa Green Shuttle untuk menuju kota Munich, dulu kami menuju Salzburg Austria. Kota Munich lebih jauh jadi harganya pun lebih mahal , perorangnya 1500 Kc. Akan dijemput langsung di hotel dan akan diturunkan di hotel tempat kami menginap di kota berikutnya (door to door service).
Saat mobilnya datang kami dibuat terkejut karena mobil yang dibawa adalah mobil sedan, sedangkan kami total 4 orang dengan 4 koper besar mana mungkin muat, akhirnya supirnya pun menelepon perusahaan untuk meminta ganti mobil dengan yang lebih besar dan kamipun diminta menunggu sekitar 15 menit untuk menukar mobil. Sambil menunggu saya mengambil foto di sekitar hotel.

Ini restauran Krcma S Satlavske tempat kami makan semalam, lokasinya tepat di sebelah pintu masuk hotel Grand
Akhirnya mobilnya pun datang, jarak perjalanan dari Cesky Krumlov menuju kota Munich sekitar  3 jam perjalanan.

Pemandangan selama perjalanan sangat indah sehingga tidak membuat trip kami membosankan

Sekitar 1 jam perjalanan kita diberhentikan di tempat peristirahatan dan bisa ke toilet  dulu sebelum melanjutkan perjalanan
 Saat memasuki area Jerman mulai terlihat daerah  yang sudah bersalju
Kami tiba di kota Munich ( dalam bahasa jermannya Munchen) sekitar pk 12 siang, dan langsung diturunkan di depan hotel yaitu TRYP Munchen City Center. Hotel ini berlokasi di pusat kota dekat dengan Munich main stasion (Munich Hbf), berjalan kaki hanya sekitar 10 menit (800m).
Harganya permalam 3913 NT / 109 EUR untuk double room
 Harganya permalam 3913 NT / 109 EUR untuk double room (Include breakfast)
Hotel-hotel di Jerman memang lebih mahal dari Czech dan Austria
Area Lobi

Kami belum bisa masuk kamar karena belum pk 2 siang, jadi setelah menitipkan koper kita pun jalan-jalan di kota Munich
Kita menuju ke Munich Hbf (main station) untuk membeli tiket kereta buat perjalan besok menuju Fussen

Ruang tempat penjualan tiket kereta DB (Deutcsche Bahn) sangat besar, harus mengambil nomor antrian di meja resepsionis terlebih dahulu.
Setelah membeli tiket kereta, kita memutuskan untuk makan siang dulu di dalam stasiun, di dalam main stasiun Munich ramai sekali dan banyak stand food, setelah bingung memilihnya akhirnya kami makan pizza untuk mengisi perut.

Dari Munich Hbf kita berjalan kaki sampai menjuju area Munich altstadt (kota tua), jaraknya sekitar 1.2 km.

Setelah berjalan sekitar 20 menit kami tiba di Marienplatz yang merupakan alun-alun kota tua Munich. Di sini sangat ramai karena merupakan ikon dari  kota Munich, bagi yang suka shopping ini merupakan tempatnya,karena di sini banyak sekali terdapat toko-toko dan pusat perbelanjaan.

Bangunan megah dan unik ini merupakan gedung balai kota

Dekat kota tua ada sebuah pasar tradisional yang bernama Viktualienmarkt yang menjual berbagai macam produk segar seperti buah-buahan, keju, daging, roti, bunga, rempah, dan sebagainya.

Kota tua Munich di malam hari juga sangat cantik dengan lampu-lampu yang menyala

Setelah lelah berjalan saya sempat beristirahat di kafe kecil di pinggir jalan di dalam old town sambil menikmati segelas juice dan cake

Malamnya kami makan di resataurant  Augustiner Brau Munchen yang berada di area alun-alun kota ini.

Restaurant ini termasuk salah satu restaurant yang menyediakan makanan khas Bavarian yang popular  , beruntung bagi kami karena kami mendapatkan tempat tanpa booking terlebih dulu sebelumnya. Karena saat kami masuk ke dalam restauran sudah ramai dengan pengunjung. Dan rata-rata di atas meja sudah ada tulisan reservation. Interior ruangannya sangat klasik dan berbau tradisional.

Harga makanannya pun tidak terlalu mahal, cukup terjangkau. Datang ke Jerman harus mencoba kaki babi panggang ini,  tapi menurut saya rasanya biasa saja karena kulitnya kurang krispi jadi agak keras, dan yang berbentuk seperti bola itu adalah potato dumpling rasanya kenyal-kenyal seperti ketan.
      Crispy knuckle of pork with dumpling and cabbagesalad € 11.50
Schnitzel "Vienna Style" with french fries and side salad € 11.50

Mixed salad  3.6
Apple juice  € 3.20    ;   Orange juice  € 3.20
Setelah puas makan kami kembali ke hotel dengan naik MRT
Sampai di hotel kami harus mengambil koper yang dititipkan di resepsionis baru kemudian masuk ke kamar kami. Kamar hotel di TRYP sangat simple sama sekali tidak ada desain khusus, tetapi yang penting bagi saya adalah kamarnya bersih dan nyaman.
Lorong kamar

Toiletnya kecil tapi lengkap dengan perlengkapannya

Day 9 (Jumat, 24 November 2017)
Perjalanan hari ini sangat exciting but saya karena kami akan mengunjungi Kastil Neuswanstein (Neuswanstein Schloss), karena dari kastil inilah yang menjadi inspirasi gambar logo disney. Sebelum berangkat kami sarapan dulu di hotel.

Menunya tidak banyak tapi semuanya lengkap mulai dari roti, telur, ham, sosis, kue, keju serta kopi dan juice dan rasanya pun semuanya lezat.
Saat kami keluar dari hotel langit baru mulai terang

Naik kereta di Eropa sangat tepat waktu, jadi inget harus lebih awal tiba supaya tidak ketinggalan kereta. Stasiun kereta Munchen sangat besar jadi setelah mengetahui platform yang ditentukan harus lekas menuju ke sana. Platform kereta kami yang menuju Fussen berada di platform no 30. Saat kami tiba di platform, kereta pun sudah menunggu di sana
Tiket kereta di Eropa  terdiri atas 2 kelas yaitu kelas 1 dan kelas 2.  Bila mau menghemat biaya beli saja tiket kelas 2 karena perbedaannya tidak terlalu jauh, biasanya kursi kelas 1 lebih besar. Dan kelas 2 pun di dalamnya sama bagusnya. Jadi setelah menukan tujuan kereta kita tinggal mencari gerbong kelas 2 sesuai dengan tiket yang kita beli.
Kereta yang kami naiki memiliki 2 tingkat, kami memilih duduk di tingkat atas.
Kereta akan berangkat pk 07:51 dan tiba di Fussen Hbf pk 09:56
Inilah tiket yang kita beli sehari sebelumnya di stasiun.
Harga tiketnya:
Keberangkatan :  Munchen - Fussen   27.40 Euro * 4  = 109.60 Euro (tidak ada discount)
Kepulangan      :  Fussen -  Munchen  11.25 Euro * 4 = 45 Euro (harga discount)
Jadi total tiket pulang pergi perorangnya adalah 38.65 Euro
Sebenarnya jika ingin mendapatkan tiket kereta murah bisa membeli yang namanya  "Bayern Ticket" tetapi waktunya naik kertanya harus di jam 9 sampai jam 3 , sedangkan kami ingin berangkat lebih awal supaya bisa main lebih lama di sana karena untuk ke Fussen saja perjalanannya sekitar 2 jam.

Saya selalu menikmati saat naik kereta di Eropa karena selain keretanya yang nyaman , pemandangannya pun sangat indah.
Bersyukur  degan cuaca yang begitu cerah, sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah hamparan padang rumput yang begitu luas dengan berhiaskan langit biru, perpaduan warna yang sangat menyejukan mata😍😍

Sesekali melewati rumah penduduk

Pk 11:56 kereta tiba di Stasiun kereta Fussen
Fussen merupakan kota kecil di pinggir pegunungan Alpen yang ada di bagian Selatan Jerman. Kota ini sangat populer dari turis mancanegara karena terdapat 2 kastil yang terkenal yaitu kastil Hohenschwangau dan kastil Neuschwanstein. Dalam rencana perjalanan kami ini hanya mengunjugi Kastil Neuschwanstein karena kastil ini lebih besar dan megah.
Setelah keluar dari stasiun kereta Fussen kita harus berjalan ke arah stasiun bis yang berada di samping stasiun kereta dan naik bis.
Kita bisa naik bis dengan no:
* 73 tujuan Steingaden/ Garmisch-Partenkirchen
atau
* 78 tujuan Schwangau
dan tuun di Hohenschwangau Neuschwanstein
Tidak susah untuk menemukan lokasi bisnya, saat turun dari kereta ikuti saja rombongan orang-orang karena rata-rata tujuan mereka  adalah sama menuju lokasi Kastil.

Di dalam bis ada layar yang dengan jelas memberikan informasi rute bis

Jarak perjalanan dari Fussen Bahnhof menuju halte Neuschwanstein hanya sekitar 15 menit.
Tiba di sana dari kejauhan akan terlihat Kastil Neuschwanstein berdiri kokoh di atas bukit tinggi
Tepat di depan halte bis ada Tourist Information dan Toilet.
Ikuti papan penunjuk arah untuk menuju lokasi Kastil
Sepanjang jalan terlihat bebrapa penginapan dan restauran

Setelah jalan kurang lebih 10 menit akan terlihat loket tempat pembelian tiket untuk masuk ke ke dalam kastil, bila ingin masuk ke dalam kastil harus membeli dulu tiket di sini, tetapi karena kami tidak berencana masuk ke dalam kastil jadi kami lewati saja.
Jalan ke arah depan sedikit dari tempat penjualan tiket akan terlihat bis yang akan membawa pengunjung naik ke atas Kastil. Sebenarnya ada 3 cara untuk naik ke atas:
1. Naik bis 1.8 Euro untuk ke atas gunung, turun gunung biayanya 1 Euro
2. Naik kereta kuda , biaya naik ke atas 6 Euro dan biaya turun ke bawah 3 Euro
3. Dengan berjalan kaki sekitar 45 menit
Kami memilih naik ke atas dengan bis dan turunnya dengan kereta kuda.
Bis akan menurunkan para penumpang di dekat Marienbrucke (Jembatan Marien) dan sebelum kita berjalan menuju Kastil Neuschwanstein kita ke arah Marienbrucke, karena dari jembatan ini akan terlihat  Kastil dari arah yang paling bagus.
Ikuti saja papan petunjuk arahnya
Jalan setapak di sini sangat indah, di musim panas akan banyak turis yang hiking di jalan gunung ini.

Kita datang di waktu yang tepat karena biasanya di bulan-bulan musim liburan (Juni-September) lokasi wisata ini akan dipenuhi dengan turis-turis apalagi jembatannya, tidak mungkin seperti ini yang begitu sepi dengan pengunjung.
Sehingga kami bisa berfoto dengan leluasa tanpa ada halangan apapun
Saat saya berjalan di atas jembatan dan melayangkan mata ke arah Kastil, wah.... sungguh menakjubkan pemandangannya tanpa bisa saya lukiskan dengan kata-kata. Kastil Neuschwanstein menjulang tinggi dan berdiri dengan megah di depan mata, sungguh rasanya tidak percaya bahwa saya sedang berdiri di depannya seperti berada di dunia dongeng

Kastil inilah  jyang sering disebut sebagai inspirasi dari logo Disneyland

Saat kami mau meninggalkan Marienbrucke barulah datang serombongan turis

View selama menuju Kastil Neuschwanstein sangat menakjubkan dan udaranya pun sangat segar benar-benar terbebas dari polusi, daerah ini sangat cocok untuk berjalan santai.

dari kejauhan tampak terlihat Kastil Hohenschwangau
Melalui arah ini dapat melihat Kastil Neuschwanstein dari arah depan

Dari area lokasi ini dapat melihat keindahan alam lembah
Di sini ada sebuah toko kecil yang menjual souvenir dan makanan kecil sperti roti pretzel dan sausage. Kita mencoba roti pretzelnya tetapi rasanya kurang enak bagi saya karena rotinya keras dan dingin.
Kita mencoba pretzel yang dilumuri dengan coklat
Turunnya kita naik kereta kuda (3Euro/orang)
Halte bis menuju Fussen
 Jadwal bisnya terpampang jelas di sini
Sampai di kota kecil Fussen kami berencana untuk berjalan di kota tuanya. Kota tuanya tidak jauh dari stasiun kereta, sambil berjalan sambil berfoto
Bisa tinggal di kota kecil seperti ini pasti sangat menyenangkan, udaranya bersih, sangat teratur serta setiap hari bisa menikmati pemandangan indah

Kota tua Fussen juga sangat menarik dengan bangunanya yang berwarna pastel memberi kesan sangat manis.

Setelah berkeliling di kota tua kami kembali ke lokasi stasiun, karena masih ada waktu jadi kita masuk ke cafe yang ada di  stasiun kereta.

Kami menikmati tea time di sini, kopi dan cakenya tidak mahal.
Segelas cappucinno 2.5 euro dan cheese cake 3 euro

View dibelakang saya keren sekali...bisa terlihat pegunungan Alpen yang diselimuti salju💗💗💗😃
Kereta berangkat dari Fussen pk 16:06 dan akan tiba di Munich pk 18.05

Saya  membeli buku cerita Heidi (kisah gadis kecil yang dititipkan di rumah kakeknya yang tinggal di kaki pegunungan Alpen)
Tiba di Munich Hbf (main stasion) sudah malam, jadi kami makan malam di sana. Kita memilih makanan asia
Saya memilih Vietnamnese rice noodle beef soup
ada yang memesanThai fried chicken rice
Teman saya yang satunya membeli mie goreng di stand food yang berbeda dengan kami, tetapi ternyata rasanya tidak enak, beruntung kami tidak beli di sana karena makanan pesanan kami baik vietnamnese noodle ataupun Thai fried chicken rice sangat lezat

Day 10 (Sabtu, 25 November 2017)
Hari ini kita sudah harus mengakhiri europe trip dan berangkat ke airport. Sebelum berangkat kami sarapan pagi dulu di hotel
Berfoto  di dekat hotel sebelum berangkat menuju airport

Naik kereta menuju Munich airport
 Munich Airport

Pesawat penerbangan kami SQ 327 (A350-900)

Boarding time 11:40 (munich time)

Sama seperti sebelumnya karena merupakan long haul flight jadi pramugari akan membagikan "Sleep tight amenity kit" yang berisi sikat gigi, pasta gigi kecil dan kaus kaki
juga daftar menu

Toilet

Sebelum waktu makan siang dibagikan snack dan minuman
untuk makan siang saya memilih "Pan fried fish in Thai curry sauce"

2.5 jam sebelum pesawat landing di singapore dibagikan breakfast
 Braised Beehoon (Rice noodles with chicken & chinese greens)
Landing di Changi Airport Singapore pk 06:50 pagi dan pesawat selanjutnya menuju Taipei adalah pk 08:15 jadi hanya transit sekitar 1 jam.
Flight no SQ 876  Singapore -  Taipei
Time :08:15(waktu Singapore) - 13:05 (waktu Taipei)
Aircraft type : A330-300
Seat : 2 - 4 - 2

Boarding time 8:00

Selimut sudah tersedia di setiap kursi penumpang
 monitornya masih tipe yang lama
karena penerbangan pagi maka menu yang dibagikan adalah breakfast
Ada 2 pilihan, untuk yang oriental style adalah noodle
 untuk western style menunya omelete with sausage and potatoes
Penerbangan ini mengakhiri europe trip saya yang mengesankan 😃😃

Sekilas barang yang saya beli selama perjalanan

Artikel Terkait:

Artikel Lainnya:
JALAN JALAN KE SWISS 2018 (Part1)