JALAN JALAN KE HOKKAIDO 2014 (Part 1)

Setelah 2011 ke Hokkaido, tahun 2014 ini saya kembali merencanakan untuk jalan-jalan ke Hokkaido lagi karena Hokkaido benar-benar tempat yang sangat cantik untuk dikunjungi terutama saat musim dingin dan ditambah lagi masih belum puas dengan liburan ke Hokkaido yang sebelumnya.
Kali ini kami mendapatkan harga tiket yang lebih murah dari perjalanan sebelumnya yaitu 17.161 NTD  dengan naik EVA Air dan tidak perlu transit sehingga lebih hemat waktu, dulu waktu naik ANA Airline harga tiketnya 19.000 NTD dan harus transit di Tokyo.

HARI PERTAMA (Kamis, 9 Januari 2014)
Seperti biasanya saya selalu excited kalo mau liburan ke luar negeri, begitu juga kali ini...๐Ÿ˜ƒ
Apalagi pesawat yang akan membawa kami ke Hokkaido adalah pesawat Hello Kitty yang sangat lucu jadi bikin tambah semangat deh...
Foto bahagia sebelum berangkat๐Ÿ˜๐Ÿ˜€๐Ÿ’“
Karena naiknya pesawat Hello Kitty jadi ngak boleh lupa untuk foto dengan semua dekorasi yang berbau Hello Kitty
Menunggu di ruang boarding

Ini pesawat kami  dengan no penerbangan BR116 (tipe A330-200 dengan kursi  2 - 4 - 2)
Karena tidak semua pesawat EVA Air itu bertema Hello Kitty, hanya jurusan tertentu saja seperti Tokyo, Hokkaido,Seoul, Los Angeles, Paris, dan sekarang termasuk Bali, jadi saya merasa beruntung sekali bisa naik pesawat Hello Kitty ini.
Tiketnya pun bergambar Hello Kitty
Terus kita juga bisa ambil post card Hello Kitty di ruang boarding buat kenang-kenangan
 Dan bisa dicap dengan stempel Hello Kitty juga
Waktu boarding telah tiba
Saat saya masuk ke dalam kabin pesawat, wah tambah happy deh soalnya di dalamnya penuh dengan gambar Hello Kitty, padahal saya bukan penggemar Hello Kitty lho... tapi saya yakin deh siapa saja yang naik pesawat ini nggak peduli anak-anak atau orang dewasa pasti akan senang sehingga membuat suasana hati tambah ceria  ๐Ÿ˜„
Bantal berwajah Hello Kitty

Monitor TV bertema Hello Kitty
Hello Kitty air sickness bag

Toilet Paper Hello Kitty
Amenities Toiletnya juga Hello Kitty
 Dan yang paling saya tunggu adalah makanan pesawatnya yang juga bertema Hello Kitty
 Menunya "Spaghetti with white sauce", lengkap dengan peralatan makan hello kitty
Saya minta dari pramugari kartu poker Hello Kitty
Pesawat lepas landas pk 9:15 waktu Taiwan dan tiba di New Chitose International Airport pk13:50 waktu Sapporo
Yeah,,,, tiba di Sapporo (maaf ya fotonya burem maklum fotonya sambil jalan jadi ngak fokus๐Ÿ˜‚)
Menunggu bagasi masing-masing

Setelah mengambil bagasi, kami langsung menuju Tourist Information Center dan membeli tiket kereta untuk menuju Asahikawa dan tiket masuk Asahimaya Zoo, karena kami berencana besok pagi-pagi akan menuju Asahimaya Zoo yang terletak di luar kota Sapporo di Asahikawa dan sesuai dengan informasi dari internet, bisa dibeli di Tourist Information Center yang ada di New Chitose Airport.
Kemudian setelah membeli tiket kami pun berjalan ke luar airport tempat halte bis untuk menuju RERA Outlet, disediakan shuttle bus gratis untuk ke sana dan lokasinya tidak jauh dari airport, hanya perlu beberapa menit sudah tiba.

Di sana ada locker penitipan bagasi, per-locker 500Yen, jadi kami pun dapat dengan leluasa berjalan di sana tanpa harus direpotkan dengan koper.
Di RERA Outlet ini kita bisa mendapatkan barang bermerek dengan harga yang relatif murah, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke outlet ini bila ke Sapporo, kalaupun tidak ingin berbelanja kita juga bisa window shopping aja dan menikmati lokasi yang lumayan indah ini sambil berfoto-foto.

Kami ke sana di awal Januari, jadi masih terasa sisa-sisa suasana natalnya
Ada arena sledding untuk anak-anak
 Sudah ada yang mau siap-siap belanja nih....
Karena langit mulai gelap kami pun meninggalkan outlet ini, padahal jam baru menunjukkan pk16:30 tetapi karena winter jadi lebih cepat waktu malamnya  dan kami berjalan kaki menuju stasiun kereta yang tidak jauh dari lokasi ini, tetapi karen sambil membawa koper jadi tidak bisa berjalan dengan cepat apalagi jalannya tidak rata karena tertutup oleh salju.
Stasiun kereta ini bernama Minami Chitose dan tiket kereta menuju Sapporo harganya 810Yen

Keretanya berangkat pk 17:10 dan tiba di stasiun kereta Sapporo pk 17:45, lokasi hotel tempat kami menginap tidak jauh dari stasiun kereta, sangat strategis dan bisa ditempuh dengan berjalan hanya dalam waktu 5-7 menit, nama hotelnya "Best Western Fino Sapporo Hotel"
Desain interiornya termasuk modern minimalis, ini lobby-nya
Oh ya...di lobby inilah kami setiap malam sebelum masuk kamar ngumpul dulu di sini, soalnya di dalam kamar tidak ada Wifi hanya area Lobby saja yang ada Wifinya ๐Ÿ˜
Kamarnya sangat kecil, 1 kamar 2 orang, habis taruh koper kamar langsung terasa penuh bahkan mau jalan saja harus harus agak berhati-hati supaya ngak saling tabrakan (ngak separah inilah hehehe..)๐Ÿ˜†, dan kalian bisa lihat ranjangya saja ukurannya kecil dan cukup sempit untk ditempati berdua.
Tetapi bagi saya ngak masalah kalau ruangannya kecil, yang penting bersih dan nyaman .
 Toiletnya pun kecil tapi sangat bersih dan klosetnya juga yang otomatis serta amenities-nya pun lengkap
 Tersedia electric kettle sehingga bisa  masak air panas untuk menyeduh mie instant dan kopi.

Setelah menaruh koper, kami pun berjalan kembali menuju stasiun Sapporo untuk makan malam.
Di dalam stasiun Sapporo terdapat area pusat perbelanjaan yang lumayan besar dan di dalamnya banyak restaurant , jadi kami malam malam di sini. Setelah melihat beberapa rumah makan, akhirnya kami masuk ke resto yang menyajikan Japenese Katsu, nama resto ini adalah Ton Katsu Wako. (Terakhir saya baru tahu di  Taiwan ternyata juga sudah ada resto ini)
 Sample menu dan hargnya bisa di lihat di estalasedi depan restoran
Wajah-wajah lapar saat menunggu meja yang masih sedang dibereskan  oleh pelayannya
Setelah mendapatkan tempat kami disughi  teh matcha panas khas Jepang, lumayan,,,bisa menghangatkan tubuh karena suhu udara di luar benar-benar dingin
 Sauce untuk disiram pada saladnya (rasanya asam-asam manis)
Saya memilih "Mince Pork Cutlet containing Chesse" (harganya 1.103 Yen), di dalam dagingnya ada keju jadi harus dimakan saat panas-panas baru terasa lelehan kejunya.
menu lainya bisa dilihat dari menu list ini
Sehabis makan malam kami masih sempat jalan-jalan sebentar di sana, kebetulan melihat ada stand yang menjual juice buah jadi saya pun membeli segelas kiwi juice.
 Kiwi juice-nya fresh banget (harganya 400 Yen)
Rata-rata sekitar pk 9 malam toko-toko di Hokkaido sudah tutup jadi setelah membeli breakfast untuk besok pagi kami kembali ke hotel.

HARI KE 2 (Jumat, 10 Januari 2014)
Sarapan saya hari ini  ~ Cafe Latte (136 Yen)
Hari ini pagi-pagi sekali kami sudah bangun karena harus bergegas menuju stasiun kereta untuk mengejar kereta yang akan berangkat pk 7:21 menuju Asahikawa (Asahimaya Zoo), untungnya sehari sebelumnya kami telah membeli tiket keretanya jadi ngak perlu buang waktu lagi untuk membelinya.
Yang paling saya inginkan dalam berkunjung ke Asahimaya Zoo adalah bertemu dengan penguinnya yang sangat lucu dan melihat parade penguin, dalam sehari hanya ada 2 kali parade penguin yaitu pada pk 11:00 dan pk 14:30.
Tiket ini sudah termasuk : tiket round trip Sapporo-Asahikawa, tiket masuk Asahimaya dan tiket bis round trip Asahikawa station ke Asahimaya Zoo (total harganya  5900Yen)
Saat perjalanan menuju Asahikawa, tiba-tiba keretanya berhenti dan setelah menunggu beberapa saat kereta tetap belum bergerak, saya agak kuatir juga karena kami berencana ingin melihat parade penguin yang dimulai pk 11:00 pagi, sedangkan bila terlewat harus menunggu sampai pk 14:30, tetapi kami sorenya sudah ada rencana lain dan tidak mau terlalu lama di dalam Asahimaya Zoo.
Berhentinya kereta ternyata diakibatkan karena turunnya salju yang lebat sehingga rel keretanya tertimbun oleh salju yang tebal dan harus dibersihkan dulu relnya dari salju, keretanya baru bisa lewat.
Akhirnya setelah berhenti sekitar 40 menit-an keretapun mulai bergerak.
Sekitar pl 10:25 kami tiba di stasun JR Asahikawa, dan bergegas menuju halte bis yang menuju Asahimaya Zoo.
Kita bisa naik bis no 41, 42 atau 47 untuk jurusan ke Asahimaya Zoo, beruntung sekali saat kami sampai di halte bisnya pun tiba sehingga  kami segera berangkat.
Setibanya di Asahimaya Zoo kami langsung berlari masuk karena sudah pk 11:10, dan petugas di dalam kebun binatang-pun  sangat baik, mereka tahu kami pasti sedang mengejar parade penguin sehingga langsung memberitahukan kami arah menuju parade pinguin.

Kami sangat beruntung karena karena parade baru saja dimulai...
Wah..... penguinnya benar-benar lucu menggemaskan sekali dan tingkah mereka seperti anak-anak kecil yang polos.๐Ÿ˜
Saya benar-benar dekat dengan mereka karena tidak ada pagar atau tali pembatas yang membatasi kami, tetapi kita tidak boleh menyentuhnya.

Sebenarnya kebun binatang ini tidak terlalu besar, walaupun demikian tetap sangat menarik bagi saya karena selain melihat penguin dalam jarak dekat, dan juga ada beruang kutub yang belum pernah saya lihat sebelumnya di kebun binatang yang pernah saya kunjungi.
Ada perasaan yang ajaib saat melihat beruang kutub ini ada di depan mata, posturnya tubuhnya besar sekali.
Dan suasana di dalam kebun binatang ini sangat menyenangkan, terasa tenang dan pemandangannya indah,  karena bukan musim liburan jadi tidak begitu banyak pengunjung.

Dan kemudian salju turun dengan lebat, membuat kita tambah happy

Udara yang begitu dingin membuat kami cepat lapar, di sini ada cafetaria, jadi kamipun makan siang dulu di sini sebelum kembali ke Sapporo.
Saya memilih Tempura Udon Noddle, ternyata kuahnya enak sekali,  apalagi karena udaranya sangat dingin jadi pas banget deh. (Harganya 650Yen)
 Adik saya memilih Chicken Curry with Rice, saya sempat mencicipinya dan juga sangat enak karena curry sangat kental dan terasa sekali aromanya. (Harganya 400Yen)
Foto sebelum meninggalkan Asahimaya Zoo, saat itu salju turun bertambah lebat
Sekitar pk 2 siang kami meninggalkan Asahimaya Zoo kembali menuju Asahikawa station, kami naik kereta yang akan berangkat  pk 15:25
Di area peron kereta ada kios kecil yang namanya "Kiosk"
Sedang menunggu kereta
Karena masih ada waktu jadi kita berkeliling dulu di stasiun sambil membeli camilan untuk dinikmati di kereta nanti.

Sampai di Sapporo kami berjalan di Esta shopping centre dan malamnya makan di food courtnya.
Yang ini saya lupa nama menunya , tapi dagingnya adalah daging burger yang dilumuri dengan teriyaki sauce.