JALAN JALAN KE CZECH DAN AUSTRIA 2016 (Day 7 & Day 8)

Day 7 (30 September 2016
Breakfast pagi ini
Hari ini sebelum berangkat ke Vienna, kami masih ada waktu seharian penuh dari pagi sampai sore untuk berjalan di Salzburg old town, jadi kami membeli Salzburg card.
Salzburg card tersedia atas 3 macam yaitu :
* 24 jam dengan harga €27
* 48 jam dengan harga €36
* 72 jam dengan harga 42
Jad bisa disesuaikan dengan lamanya kita berada di Salzburg, kami cukup membeli yang 24 jam seharga €27, keuntungan membeli Salzburg card ini sangat banyak karena bisa digunakan untuk seluruh transportasi seperti bis, tram atau subway di Salzburg dengan gratis , begitu juga dengan menunjukkan kartu ini kita bisa masuk ke museum-museum atau castle secara gratis. Hotel tempat kami menginap menjual kartu ini, jadi kami membelinya di hotel.
Karena sudah membeli Salzburg card tentu saja kami naik bis menuju altstadt (oldtown), tidak seperti sehari sebelumnya dengan berjalan kaki.
Residenzplatz

Di sini berdiri sebuah gereja katedral yang bernama" Dom Zu Salzburg" yang dibangun dengan arsitektur Baroque pada abad ke 17
Di Kapitelplatz (alun-alun kota) saat menuju ke Festungbahn (tram untuk ke Hohensalzburg Castle) kita akan melihat sebuah bola emas raksasa yang di atasnya berdiri seorang pria.
Suasana Kapitelplatz di pagi hari yang masih sepi dari pengunjung
Stand-stand jualan masih dalam persiapan
Saat masuk melewati alun-alun kota akan terlihat sebuah jalan kecil  untuk menuju Festungbahn, jalannya agak sedikit menanjak
Stasiun Festungbahn, naik tram dari sini untuk menuju Castle yang terletak di atas bukit. (free untuk pemegang Salzburg card)

Sebelum memasuki kawasan castle kita akan melewati sebuah panorama restaurant

Castle ini dulu digunakan sebagai benteng pertahanan untuk melawan musuh, sekarang dijadikan museum sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat popular di kota Salzburg.

Saya sangat kagum melihat orang-orang jaman dulu dengan peralatan yang sangat minim dan sederhana tetapi bisa membangun benteng yang begitu kokoh, sungguh luar biasa.

Karena benteng ini terletak di atas bukit jadi pemandangan yang terlihat dari atas sangat indah, kita bisa melihat kota Salzburg yang cantik dan pegunungan Alpen yang melintasi Salzburg.
 Dan juga terlihat sungai Salzach yang membelah kota Salzburg

Sungguh merupakan momen yang tak terlupakan
banyak bagian sudut-sudut castle yang menarik untuk dijadikan obyek foto

Kita juga bisa naik ke atas menaranya, melewat tangga melingkar yang terbuat dari kayu ini
Foto dari atas menara

Di sini juga ada museum string puppet yang biasa digunakan untuk pertunjukan panggung boneka
 ada string puppet bertemakan karakter "Sound of Music"
Siangnya kami makan di panorama restaurant yang kami lewati saat tiba di kawasan castle Hohensalzburg, karena tertarik dengan suasananya yang begitu menyenangkan , sambil menyantap makanan sambil menikmati pemandangan yang cantik .

Mozart Coffee
 Chicken Salad
 Spaghettie Bolofnese

Sehabis makan kita naik tram dan kembali ke Kapitelplatz, dan suasana Kapitelplatz di siang hari sudah mulai ramai oleh pengunjung
 Dan banyak kereta kuda, yang bisa di sewa untuk membawa pengunjung berkeliling kota Salzburg

Tujuan kami selanjutnya adalah ke Mozart Wonhaus (Mozart Residence), yang merupakan rumah tinggal Mozart, lokasinya berada diluar area altstadt (kota tua), sekitar 400m dari kota tua, kita harus menyeberangi sungai Salzach. Sungai Salzach di siang hari terlihat indah karena terkena pantulan sinar matahari yang membuat airnya yang berwarna biru hijau ini berkilau.
Setelah menyeberangi jalan ini kita akan tiba di Mozart Wonhaus

Pintu masuk gratis dengan memperlihatkan Salzburg card, di bagian loket kita akan diberikan alat pemandu audio dengan beberapa pilihan bahasa, sayangnya tidak diperbolehkan pengunjung untuk mengambil foto di dalamnya, jadi kita hanya bisa melihat dan mengingatnya dengan mata
Setelah mengunjungi Mozart Wonhaus kami kembali ke kota tua Altstadt untuk mengunjung Mozart Geburthaus (Rumah kelahiran Mozart) yang berlokasi di jalan Getreidegasse, free tiket bagi pemegang Salzburg card
Rata-rata museum di Eropa tidak diperbolehkan untuk berfoto di dalam, jadi begitu juga dengan Mozart Wonhaus ini. Di dalam bangunan ini tersimpan barang-barang pribadi milik keluarga Mozart termasuk alat-alat musik dan peralatan rumah tangga.
Sehabis mengunjungi rumah kelahiran Mozart ini, kami ada waktu beberapa jam untuk berjalan dan berbelanja di jalan Getreidegasse yang merupakan pusat perbelanjaan yang ramai. Ada sebuah toko coklat yang sangat terkenal yang bernama "Furst", toko coklat inilah yang pertama membuat bola-bola coklat yang dikenal dengan nama Mozart Chocolate atau "Mozartkugel", toko ini telah berdiri sejak tahun 1884, setelah itu banyak toko lain yang menirunya dengan menjual coklat yang serupa.
Toko ini berlokasi di akhir ujung jalan Getreidegasse, berdekatan dengan sebuah gereja "St Blasius Kirche"

Tokonya sangat mungil dan terlihat klasik

Selain menjual Mozartkugel andalannya ada juga coklat handmade lainnya, yang dibungkus dengan cantik

ada juga Mozartkugel berukuran big size
Saya membeli sekotak Mozartkugel yang berisi 9 buah, harganya 14.4 (lumayan mahal)
 Saya sangat suka dengan disain kotaknya yang simple tetapi terlihat elegan
Toko coklat Furst ini juga memeliki cafe sendiri yang menghidangkan minuman serta cake, tetapi lokasinya ada di dekat area main square dekat Tomaselli cafe
Salah satu hal yang menarik dari Getreidegasse street ini adalah setiap depan toko digantung papan nama yang memiliki keunikan tersendiri

Bahkan  Mc Donald's-nya saja sangat klasik
Banyak toko yang menjual pernak pernik paskah dan natal

Malam ini kami akan menuju Vienna yang merupakan kota tujuan terakhir kami sebelum kembali ke Taiwan, jadi setelah mengambil koper di Hotel, kami langsung menuju Salzburg Hbf (Stasiun kereta Salzburg). Kami naik kereta milik perusahaan swasta yang bernama "Westbahn" untuk menuju Vienna, tiketnya €26.50/orang. Model keretanya sangat modern dan saya suka sekali dengan tema warnanya yang sangat cerah yaitu perpaduan biru, hijau dan putih

Keretanya memiliki 2 tingkat
 dan ada gerbong yang menjual snack serta minuman
 Kami sebelumnya sudah membeli makan dulu di stasiun kereta untuk menjadi bekal makan malam selama perjalanan menuju vienna (perjalanan dari Salzburg Hbf menuju Vienna westbahnhof sekitar 2 jam)
 Kopinya beli di dalam kereta
Tiket kereta Westbanh langsung dibeli di dalam kereta, ada petugas yang akan menghampiri setiap penumpang secara langsung sehingga tidak perlu repot untuk membeli tiket terlebih dahulu di loket.
 Sekitar pk 21.15 kereta tiba di Vienna Westbhanhof (stasiun kereta Vienna bagian barat). Kota Vienna memeliki 2 stasiun kerta yang besar yaitu Vienna Westbahanhof dan Vienna Haupbahnhof (stasiun kereta pusat) dan stasiun peberhentian terakhir kereta Westbahn ini adalah di Westbahnhof. Ada  kejadian tak terduga saat kami tiba di stasiun, sebenarnya dari awal saya sudah memilih hotel tempat kami tinggal selama di Vienna yaitu "Motel One" dan terdapat 2 Motel One di Vienna, yang satu berlokasi di dekat Vienna Westbahnhof dan yang satunya lagi di Haupbahnhof, karena saya sudah berpikir bahwa dari Salzburg kita akan naik kereta Wesbahn jadi hotel yang di pilih tentu saja Motel One yang berlokasi di Wesbahnhof tetapi ternyata kakak saya salah memesan hotel, dia memesan Motel One yang ada di Haupbahhof, akhirnya saat kita check in hotel baru tahu bahwa hotel yang dipilih salah, kami sempat sedikit panik tapi untung petugas hotel memberitahukan kami cara menuju ke sana dan saat naik tram kita juga bertemu dengan penumpang yang baik yang memberitahukan kami harus turun dimana.

Motel One Wien-Haupbahnhof

Dekorasi kamar memilik standar yang sama dengan Motel One yang ada di Prague
Harganya NTD 3200/night

Walaupun kamarnya kecil tapi masih ada sofa